SEKILAS TENTANG SISTEM INFORMASI DANAU INDONESIA (SIDI)

sidi1

Sejak berdiri pada tahun 1986 sampai saat ini Puslit Limnologi LIPI telah banyak melakukan penelitian mengenai danau-danau di Indonesia, baik danau yang berukuran kecil, sedang, maupun besar. Lokasi penelitian tersebar hampir di semua pulau besar di Indonesia yang terdapat danaunya. Di antara danau-danau yang pernah menjadi obyek penelitian Puslit Limnologi antara lain Danau Maninjau, Singkarak, Kerinci, Semayang-Melintang, Poso, Limboto, Matano-Mahalona-Towuti (Malili), Tempe, dan Rawa Pening.

sidi2

Hasil penelitian mengenai danau tersebut sudah banyak dihasilkan baik berupa laporan teknis, karya tulis di jurnal-jurnal ilmiah, ataupun yang berupa buku. Namun demikian jika ada yang memerlukan data-data mengenai danau di Indonesia, pengguna masih kesulitan untuk menemukannya karena data yang ada masih tersebar di berbagai lokasi ataupun dalam berbagai bentuk. Kalaupun data tersebut bisa didapat harus diperoleh melalui penelusuran yang menghabiskan banyak waktu. Untuk itu perlu dibuat suatu Sistem Informasi Danau Indonesia (SIDI) yang mengintegrasikan semua data mengenai danau di Indonesia sehingga semua data hasil penelitian dapat dikumpulkan dalam satu sistem basis data yang mudah diakses oleh yang memerlukan. SIDI tersusun dari database danau yang isinya mencakup semua bentuk data yang berkaitan dengan danau baik itu data spasial yang berupa peta-peta maupun data tekstual yang berupa angka-angka.

sidi3

SIDI dibuat dalam dua jenis yaitu SIDI Online yang dapat diakses melalui internet dan SIDI versi desktop Client yang dapat diinstal di komputer/laptop pengguna yang memerlukan.

Saat ini SIDI masih dalam tahap pengembangan sehingga masih perlu perbaikan dan penyempurnaan, terutama dalam hal kelengkapan dan keakuratan data. Untuk itu diperlukan kerjasama yang erat antar instansi terkait untuk saling berbagi data dan informasi demi terciptanya suatu Sistem Informasi Danau Indonesia yang lebih baik, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.